"pelajari"
Tikungan kanan lebih susah daripada tikungan kiri.
Tikungan kiri kerap lebih mudah dihadapi dibandingkan dengan tikungan kanan.
Fenomena ini sangat terasa perbedaannya apabila kecepatan motor melebihi 60 Km/h.
Dan arah tikungan membentuk sudut melebihi 35°, sekitar arah jam 2 – jam 3.
Pembalap maupun pe-touring biasanya pernah mengalami ini.
Coba perhatikan pusaran air pada saat mandi atau apapun itu.
Mengarah ke mana pusaran itu?
Apakah berlawanan dengan arah jarum jam (anti clockwise)?
Kalau “ya”, berarti kalian berada di selatan equator.
Apabila kita melakukan tikungan ke kiri berarti motor kita mengikuti arah gaya pusaran air. Lebih mudah melakukan manuver menikung pada kasus ini.
"kenali medan"
Kalau bermanuver (cornering) tikungan kiri, kalian akan merasakan adanya “energi / gaya tambahan” terhadap motor kalian. Bukan hanya itu, seorang pembalap (termasuk para pe-touring) akan merasa “lebih hidup” dan lebih mengalir pada saat melakukan manuver ini.
"rencanakan sebelum menikung"
Terlepas dari pengamatan di atas ada beberapa yang setidaknya dapat dipertimbangkan lebih lanjut.
- Lintasan orbit elektron mengelilingi inti atom dilukiskan mengarah ke kiri.
- Arah medan magnet, menurut Lorentz , mengarah dari kanan ke kiri. Dimana elektron mengalir dari potensial tinggi ke potensial rendah.
- Lintasan lari di stadion mengarah ke kiri.
- Arah putaran angin topan juga demikian.
- Perputaran bumi dan bulan pada porosnya adalah dari kanan ke kiri. Begitu pula rotasi matahari jika dilihat dari bumi.
Lain halnya dengan tikungan kanan.
Tikungan kanan dilakukan searah dengan arah jarum jam (clockwise).
Melakukan manuver (cornering) ke arah kanan secara ekstrim sama halnya melawan arah gaya dari alam (natural-wise).
"perhatikan situasi"
Lakukanlah manuver tikungan kanan dengan ekstrim, kalian akan merasa ada energi yang berusaha membuat motor kalian tegak ke arah kiri.
Biasanya energi ini dilawan dengan menambah kecepatan dibarengi dengan memiringkan tubuh ke arah kanan.
Fenomena ini berlawanan dengan daerah yang berada di utara negeriku, atau berada di utara equator.
Pusaran air di daerah ini mengikuti arah pergerakan jarum jam (clockwise). Sehingga yang berlaku justru sebaliknya.
Manuver kanan lebih mudah dilakukan daripada manuver tikungan kiri.
Para pembalap di benua utara sangat terbiasa dengan tikungan kanan di negerinya sendiri. Pada saat berhadapan di benua selatan, mereka kurang bisa menyesuaikan manuver menikung kanan di benua selatan.
"Haajjaaarrr........!!!"
Inilah mengapa pembalap benua utara sangat menghindari event balapan di benua selatan. Dan pembalap benua selatan prestasinya kurang berkilau di benua utara. Tapi ada juga pembalap benua selatan menjadi juara di benua utara.
Dan resikonya ya itu, mereka pakai “goyang”-“patah-patah”. Motor goyang, tulang patah-patah.
Warning !
- Tulisan di atas masih berupa hipotesa awal. Banyak hal yang perlu dicermati lebih lanjut.
- Manuver-manuver di atas sebaiknya dihindari, kecuali kalian berada di lintasan balap.
- Keselamatan kalian lebih utama dibandingkan melakukan eksperimen ini.
Tulisan ini pernah Linus tanyakan pada Bro. Haryadi Be di Blog Beliau.
Haha…dengan trik mengahadapi tikungan tentunya. Thanks, Bro..!
Dan kata Bro.Haryadi :
“saya suka tikungan ke kiri, mmg rata2 pengguna left handed saja yg bisa enjoy menikung ke kanan.
Tapi kurang seru rasanya kalau dalam sebuah perjalanan tidak ada tikungan kanan.
-----updet 02 Maret 2012-----
Link referensi:
Link referensi:
Bro sekalian . . . Nikung miring di sebuah kurva dengan sepeda motor memiliki sensasi tersendiri yang nggak bakal didapatkan saat membawa Roda empat . . .
Tapi tahukah bro sekalian ada Blind spot menanti di depan kita.
Perhatian !
Diperlukan kebijakan Anda dalam menyaksikan video streaming ini.
eh, PERTAMAAXXX...!!
BalasHapuspantes aja, tiap nikung ke kiri lebih enak daripada nikung ke kanan.
baru tahu kalo ada sebab musababnya...
wah, wah, berarti akan ada kemungkinan bhw Valentino Rossi maupun Casey Stoner juga bisa bergoyang patah-patah ya bro...
:P
hehehehe...
AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA......!!!!!!!!!!!
HapusTime Traveler..Time Traveler..!!!
Posting ini tanggal 29 Pebruari, Sist eNHa komennya tanggal 28 Pebruari [jadi sebelum Linus posting, sudah ada komen?]
AWESOME..! Kenal sama John Titor ya...
XD
---
tikungan kiri atau kanan harus tetap waspada, Sist. meski terasa mudah.
semakin mudah - semakin waspada. :)
-------
Semoga mereka dihindarkan dari 'goyang patah-patah' Sist. cukup Simoncelli aja.. (T_T)
Kalau saya sih tikungan ke kanan yang lebih mudah, habisnya kita kan pakai jalur kiri, jadi tikungan ke kanan lebih sering dapat porsi halauan yang lebih lebar :).
BalasHapusiya.. ada benarnya juga, Bro.Cahya.
Hapuspantesan kalo bis nikung kanan nginjek remnya cuma sebentar, trus ngegas lagi.
lain halnya kalau nikung kiri, kecepatan bis berkurang drastis. tapi ya.. itu Bro, abis nikung - gas polll lagi.
XD
---
Terimakasih masukannya, Bro.Cahya. :)
wah, salut ama sepeda yg atas tuh, kalo aku yg nyetir pasti "gubrak" deh..
BalasHapus:D
haha.. Linus posting tikungan gara-gara liat foto sepeda itu, MazBrou Penghuni 60. :D
HapusBetapa Lihay-nya dia..! XD XD
saya kalo naik motor nikung kanan agak grogi jg ya...
BalasHapussalam kenal bwt Linus.. aku follow ya
Salam kenal juga MazBrou Michael Angelo.
HapusTerimakasih sudah follow Blog Linus. :)
haha... Linus mau nikung dulu ke Blognya Michael Angelo ya.. :D
wah, baru nyadar kalo saya jadi time traveler, muehehehe...
BalasHapuskog bisa ya??
harus bangga atau harus cemas nih...
bro, setelah saya cermati dan rasakan, ternyata lebih enakan nikung ke kanan...
:P
tanggal komen 5 Maret 2012, 23:05
yaaa harus bangga...!
Hapusini kan artinya Sist eNHa punya masa depan.
---
tuhh kann.. mulai lagi nyoba2
hati-hati, tar nubruk badak beroda tiga lagi. :D
barusan ngelihat video streaming di atas, tentang blind spot..
BalasHapusbeberapa minggu yg lalu saya juga mengalami hal serupa.
bahkan sampe sekarang, jempol kaki kanan saya masih berwarna hitam..
:)
gimana jempolnya.. sekarang udah baikan?
Hapus40 km/jam itu sama dengan menjatuhkan sepeda motor dari lantai 2 ruko, lho... [kira"] XD
lain kali lebih waspada yaaa :)
@admin,
BalasHapusAda award untuk kamu teman,, silahkan ambil ya
di http://bengkelhumor.blogspot.com/2012/03/fleanding-sites-choice-award.html
dan cek hadiahnya di http://bengkelhumor.blogspot.com/2012/03/hadiah-fleanding-sites-choice-award.html
OK Bro Dere... tar Linus mampir ke Bengkel XD
HapusTerimakasih ya Bero Dere.. :)
hmmm, Linus kemana ya? kok gak maen2 kermh?
BalasHapusjgn2 msh meneliti seberapa drajatkah kemiringan sepeda kalo lg nikung.. hahahaha....
XD
bbbwwhaaahahaha... itulah Bro Penghuni 60, kenapa pas nikung pake sepeda harus pake helm. karena kalau ga pake helm, otak jadi ikut miring.
HapusXD
assalamualaikum, salam superrr (mario bros)
BalasHapuseh linus kidal ya? wuah saya dari umur SMP pen bnget kidal, keliatannya keren aja gtu..hihihihi
tpi emang bener sih,lebih gampang belok kiri tapi lebih enak naik motor gigi dari pada matic #loh?? apa hubungannya haha
Wa Alaikumsalam... Sangat SUPER, Sist KoskakiUngu...!
Hapusmmmm... bukan kidal [kiri], Sist. Tapi kadal [kanan]. XD
hubungannya?
titik berat motor gigi lebih merata dibandingkan motor matic. sedangkan motor matic mempunyai mekanisme CVT yang terletak di samping, jadi manuver yang dilakukan motor matic ada sedikit perbedaan bila dibandingkan dengan motor gigi.
[apa iya..?] XD
kunjungan gan .,.
BalasHapusbagi" motivasi
Saat kamu menemui batu sandungan janganlah kamu ptus asa,
karena semua itu pasti akan ada solusinya.,.
si tunggu kunjungan baliknya gan.,
wah infonya bagus sob..
BalasHapussangat bermanfaat & lengkap lagi..
makasih ya :)
salam kenal :)
#Happy BLogging :D
Terima kasih atas artikelnya.
BalasHapuso iya selama saya jelajah mencari ilmu dengan blogwalking, menurut saya anda memiliki kelebihan tersendiri dari situs-situs lain dan jujur potensi anda juga sangat bagus, banyak juga ilmu yang saya pelajari disini jika ada waktu saya akan berkunjung lagi.
Bila berkenan follow balik ya sob :D
#Semoga sehat selalu :D
kirain hanya saya yang ngerasa nikung kiri lebih enak. :)
BalasHapuskalo tidur, miring kiri atau kanan yang paling enak? :D
thanks atas infonya gan..
BalasHapuswah.. saya baru tahu lho sob..
BalasHapuskalau saya sih lebih demen nikung kanan sob..(untk mobil)
BalasHapustp kadang ngerasa lebih enak ke kiri (utk motor)
entahlah gue yg lg galau atau emang itu yg bnr" gue rasain,hehehehe,,,
yang penting lancar, Bro :D
Hapusdan yang lebih penting lagi, kalau ada tikungan kanan ikutin aja ke kanan - kalau tikungannnya ke kiri ya ikut ke kiri.
[usahakan jangan galau di tikungan] hehehe..
#oia, kalau ada di pertigaan atau di perempatan sangat dianjurkan untuk galau - sapa tau ada polisi XD
Benar sekali sob. Gua juga sering merasakan hal ini saat mengendarai motor.
BalasHapusOiya, blog ini sepertinya membahas mengenai misteri2 ya. Saya punya satu rekues pertanyaan: "Mengapa saat melewati jembatan, kita mendengar desis suara ban kendaraan sedikit berbeda dengan jalan normal / biasa."
# pertanyaan yang sangat bagus
Hapus= suara-suara itu berasal dari pantulan suara yang dipantulkan oleh tiang-tiang/pilar di sisi kiri dan kanan jembatan.
= selain dari sisi kiri&kanan, suara itu juga dipantulkan dari arah depan [karena kecepatan suara dari mesin motor [&ban motor] lebih cepat dari kecepatan motor itu sendiri].
= karena bidang pantulan itu tidak sama jarak dan bentuk bidang pantulnya, maka penerimaan pantulan suara oleh telinga kita juga berbeda-beda.
= tiang/pilar jembatan kan mempunyai jarak yang teratur, kalau kita perhatikan - tiap tiang akan memantulkan bunyi. 1 tiang akan memantulkan bunyi "WiiZZZ...!" . dan kalau kita berkendara di jembatan itu akan berbunyi "WiiZZZ...!" - "WiiZZZ...!" - "WiiZZZ...!" sampai tiang terakhir.
= [CMIIW] - Correct Me If I Wrong
o ya, lupa...
Hapusuntuk ban motor
= sumber suara berasal dari gesekan ban - pasir halus - aspal.
= kemudian suara itu sendiri dipantulkan oleh beton cor*) yang ada di kedua sisi jembatan kemudian sampai di telinga kita.
*)[tinggi beton cor itu sekitar 30cm]
tpi emang bener sih,lebih gampang belok kiri tapi lebih enak naik motor gigi dari pada matic #loh?? apa hubungannya haha
BalasHapusBergabunglah dengan kami di www.senang77.net
Tempat bermain POKER paling FAIR, AMAN DAN TERPERCAYA!!
Nikmati bonus turn over 0.3% setiap Minggunya
Hanya di www.senang77.net anda dapat merasakan KENYAMANAN bermain POKER
BUKTIKAN!!